wahyu


widgets

Kamis, 14 Maret 2013

Standarisasi Komunikasi Jaringan


Agar peralatan yang berbeda dengan tipe yang bervariasi dalam jaringan dapat berkomunikasi, maka jaringan tersebut harus memiliki teknik yang serupa untuk memindahkan data melalui jaringan dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Sebagai contoh, komputer mainframe IBM tidak dapat berkomunikasi secara langsung dengan jaringan Apple Macintosh, beberapa bentuk translasi terjadi pada peralatan dari kedua tipe jaringan agar keduanya dapat berkomunikasi.
 
  • Ethernet
Ethernet: adalah network standard yang menentukan bahwa tidak ada computer pusat atau peralatan dalam jaringan (node) yang harus mengontrol ketika data dapat ditransmisikan, artinya bahwa setiap node mencoba untuk mentransmisikan data ketika jaringan tersedia untuk menerima komunikasi. Jika dua komputer pada jaringan Ethernet mencoba mengirimkan data pada waktu yang bersamaan, maka tubrukan dapat terjadi, dan komputer harus mencoba untuk mengirimkan pesannya lagi. Jaringan Ethernet terbaru dinamakan Fast Ethernet yang memiliki kecepatan transfer data 100 Mbps, 10 kali lebih cepat dari jaringan Ethernet biasa. Gigabit Ethernet menyediakan kecepatan transmisi yang lebih tinggi, dengan kecepatan transfer 1 Gbps (1 milyar bit per detik). 10-Gigabit Ethernet standard mendukung kecepatan transfer sampai dengan 10 Gbps.

  •  Token Ring
Token Ring, merupakan standard yang menentukan bahwa komputer dan peralatan dalam jaringan berbagi dan melewatkan sinyal khusus, yang dinamakan token, secara tidak berarah dan dalam urutan yang ditetapkan lebih dahulu. Sebuah token adalah rangkaian bit yang berfungsi sebagai tiket. Peralatan dengan token dapat mentransmisikan data pada jaringan. Hanya satu token yang ada pada jaringan, hal ini menjamin bahwa hanya satu komputer yang mentransmisikan data pada suatu waktu. Kecepatan transfer pada sebuah token ring network adalah 4 Mbps, 16 Mbps, 100 Mbps, atau 1 Gbps.
  •  TCP/IP
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standard jaringan, secara spesifik adalah protokol, yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) dikirim dari akhir suatu jaringan ke jaringan lain, dengan menjamin bahwa data yang tiba di jaringan lain tersebut adalah benar. TCP/IP menjelaskan aturan untuk membagi pesan ke dalam bagian-bagian kecil, yang dinamakan paket; menyediakan alamat untuk setiap paket; memeriksa dan menghapus error; mengurutkan paket; mengatur aliran pesan dalam jaringan. TCP/IP telah mengadopsi standar jaringan untuk komunikasi Internet. Dengan demikian semua host dalam Internet mengikuti aturan-aturan yang didefinisikan dalam standard ini.
  •  802.11 (Wi-Fi)
802.11 (Wi-Fi), dibangun oleh IEEE. 802.11 merupakan rangkaian standar jaringan yang menentukan bagaimana dua peralatan wireless berkomunikasi satu sama lain Pertemuan 8 - Halaman 8 melalui udara. Dengan menggunakan standar 802.11, komputer atau peralatan yang
memiliki kemampuan wireless berkomunikasi melalui gelombang radio dengan computer atau peralatan lain.

Istilah Wi-Fi (wireless fidelity) mengidentifikasi jaringan berdasarkan rangkaian standar
802.11. Umumnya komputer saat ini dan banyak peralatan mobile personal, seperti smart phone dan handheld game console dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi. Salah satu penggunaan populer dari standar jaringan Wi-Fi adalah dalam hot spot yang menawarkan pengguna mobile kemampuan untuk koneksi ke Internet dengan komputer atau peralatan wireless yang memiliki teknologi Wi-Fi.
  • Bluetooth
Bluetooth, adalah standar jaringan, secara spesifik adalah sebuah protokol, yang mendefinisikan bahwa bahwa dua peralatan Bluetooth menggunakan gelombang radio pendek untuk mentransmisikan data. Kecepatan transfer diantara peralatan sekitar 10 meter (kira-kira 33 feet), tetapi dapat diperluas sampai dengan 100 meter dengan peralatan tambahan. Peralatan Bluetooth mengandung chip kecil yang digunakan untuk berkomunikasi dengan peralatan Bluetooth lain.
  • UWB
UWB, kependekan dari ultra-wideband, merupakan standar jaringan yang menentukan bagaimana dua peralatan UWB menggunakan gelombang radio pendek untuk berkomunikasi dengan alat lain pada kecepatan tinggi. Pada jarak 10 meter (kira-kira 33 feet), kecepatan transfer adalah 100 Mpbs. Pada jarak paling dekat, 2 meter (kira-kira 6,5 feet), kecepatan transfer sedikitnya 480 Mbps. Karena kecepatannya yang tinggi, UWB sangat cocok digunakan untuk mentransmisikan file ukuran besar seperti video, audio dan grafik. Contoh penggunaan UWB meliputi transfer video secara wireless dari sebuah kamera video digital, mencetak gambar dari kamera digital, mendownload media ke portable media player, atau menampilkan slide show pada projector.
  • IrDA
IrDA. Beberapa komputer dan peralatan menggunakan standar IrDA untuk mentransmisikan data secara wireless ke peralatan lain melalui gelombang cahaya infrared (IR). Peralatan mentransfer data pada kecepatan 115 Kbps sampai dengan 4 Mbps diantara port-port IrDA-nya. Dengan menggunakan infrared peralatan pengiriman dan peralatan penerima harus dalam satu jalur (line) sedemikian sehingga tidak ada jalangan dalam jalur gelombang cahaya infrared.
  • RFID
RFID (radio frequency identification) merupakan standar, secara khusus adalah protokol, yang mendefinisikan bagaimana sebuah jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan sebuah tag yang ditempatkan atau ditempelkan pada sebuah objek, binatang atau orang. Tag, dinamakan transponder, terdiri dari sebuah antena, sebuah RFID reader, dinamakan juga transceiver. Peralatan ini membaca sinyal radio dan mentransfer informasi ke sebah komputer atau peralatan komputasi. Tag RFID dapat bersifta aktif atau pasif. Tag yang bersifat aktif mengandung sebauh baterai yang menjalankan sirkuit dari chip dan memancarkan sinyal ke RFID reader. Tag RFID pasif tidak mengandung baterai, dengan demikian tidak dapat mengirimkan sinyal reader mengaktifkan antena dari tag dengan mengirimkan gelombang elektromagnetik. Karena tag RFID pasif tidak mengandung baterai, makan ukurannya menjadi cukup kecil untuk
ditempelkan dalam kulit. Tergantung pada tipe RFID reader, jarak anatara tag dengan reader berkisar 5 inch sampai dengan 15 feet.
  • WiMAX
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), juga dikenal sebagai 802.16,  dalah standar jaringan terbaru yang dibangun oleh IEEE yang menentukan bagaimana peralatan wireless berkomunikasi melalui udara dalam area luas. Dengan menggunakan standar WiMAX, komputer atau peralatan dengan kemampuan wireless WiMAX yang sesuai berkomunikasi melalui gelombang radio dengan computer atau peralatan lain melalui sebuah tower WIMAX. Tower WiMAX, yang dapat mencakup sampai dengan radius 30 mil, terhubung ke Internet atau tower WiMAX yang lain. Terdapat dua tipe spesifikasi WiMAX yang didefinisikan forum WiMAX yaitu
1) fixed wireless, dimana pengguna mengakses Internet dari desktop di rumah atau lokasi permanen lainnya. Fixed wireless WiMAX memiliki kecepatan transfer sampai dengan 40 Mbps;
 2) mobile wireless, memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan WiMAX dengan komputer atau peralatan mobile seperti smart phone. mobile wireless WiMAX memiliki kecepatan transfer sampai dengan 15 Mbps.
  • WAP
WAP (Wireless Application Protocol) adalah standar, secara khusus adalah protokol, yang menentukan bagaimana beberapa peralatan mobile seperti smart phone dapat menampilkan isi dari layanan-layanan Internet seperti Web, e-mail, dan chat room. WAP bekerja dalam konjungsi dengan standar jaringan TCP/IP. WAP menggunakan jaringan client/server. Jaringan wireless mengandung perangkat lunak client, yang terkoneksi ke Internet untuk mengakses server provider. Pada peralatan yang dilengkapi teknologi WAP, kecepatan data transfer berkisar 9.6 sampai dengan 153 Kbps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar