wahyu


widgets

Rabu, 27 Maret 2013

Prinsip kerja Optocoupler

Optocoupler dibentuk dari penggabungan sebuah sumber cahaya dengan fototransistor. Dioda cahaya sebagai sumber cahaya dipasang langsung dengan sumber tegangan. Keluaran dari sumber cahaya akan berbanding lurus dengan tegangan masukan pada dioda cahaya.  Optocoupler atau optoisolator merupakan paket elektronik murni, jalur cahaya didalamnya yakni infra merah tertutup dalam sebuah paket. Ini menyebabkan transfer energi listrik dalam satu arah, dari infra merah ke fotodetektor, sambil mempertahankan isolasi listrik. Fungsi optocoupler pada umumnya selain sebagai sensor (dengan kemasan tertentu) digunakan pula pada rangkaian listrik sebagai isolasi dari rangkaian kendali dan rangkaian tegangan tinggi (daya).

Optocoupler atau optoisolator merupakan komponen elektronik yang banyak dipakai dewasa ini, terutama untuk mengatasi perpindahan informasi dari tegangan tinggi ke tegangan rendah, atau sebaliknya. Pada rangkaian optocoupler terjadi isolasi tegangan tinggi antara sinyal masukan dan keluaran.  Adapun cara kerja optocoupler adalah sebagai berikut :
1. Optocoupler bekerja berdasarkan pancaran cahaya LED yang mengenai penerima peka cahaya, misalnya fotodioda dan fototransistor.
2. Sinyal dioda diberikan ke pena 1 – 2 dan sinyal keluaran diperoleh dari pena 4 – 5. Disini terjadi isolasi listrik antara masukan dan keluaran, karena informasi disampaikan melalui cahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar