wahyu


widgets

Minggu, 30 Maret 2014

TCS 2300

TCS230 merupakan sebuah modul sensor warna yang berbasis sensor TAOS TCS230 yang digunakan untuk melakukan pengukuran warna RGB (Red, Green, Blue) dari sebuah objek. TCS230 merupakan IC pengkonfersi warna cahaya ke frekuensi. Ada duakomponen pembentuk IC ini yaitu photodiode dan pengkonfersi arus ke frekuensi. Modul sensor ini memiliki fasilitas untuk merekam hingga 25 data warna yang akan disimpan dalam EEPROM. Mudul sensor ini dilengkapi dengan antarmuka UART TTL dan I2C.


Gambar Modul Sensor TCS 2300

Sensor warna TCS230 adalah sensor warna yang sering digunakan pada aplikasi mikrokontroler untuk pendeteksian suatu object benda atau warna dari objet yang di monitor. Sensor warna TCS230 juga dapat digunakan sebagi sensor gerak, dimana sensor mendeteksi gerakan suatu object berdasarkan perubahan warna yang diterima oleh sensor. Pada dasarnya sensor warna TCS230 adalah rangkaian photodioda yang disusun secara matrik array 8×8 dengan 16 buah konfigurasi photodioda yang berfungsi sebagai filter warna merah, 16 photodiode sebagai filter warna biru dan 16 photo dioda lagi tanpa filter warna. Sensor warna TCS230 merupakan sensor yang dikemas dalam chip DIP 8 pin dengan bagian muka transparan sebagai tempat menerima intensitas cahaya yang berwarna.

Kontruksi sensor warna TCS230 dapat dilihat pada gambar berikut.



Pada sensor warna TCS230 terdapat selektor S2 dan S3 yang berfungsi untuk memilih kelompok konfigurasi photodiode yang akan digunakan atau dipakai. Kombinasi fungsi S2 dan S3 dalam pemilihan kelompok photodiode adalah sebagai berikut.

Konfigurasi S2 Dan S3 Sensor Warna TCS230   

Photodiode akan mengeluarkan arus yang besarnya sebanding dengan kadar warna dasar cahaya yang menimpanya. Arus ini kemudian dikonversikan menjadi sinyal kotak atau pulsa digital dengan frekuensi sebanding dengan besarnya arus. Frekuensi Output ini bisa diskala dengan mengatur kaki selektor S0 dan S1.    





Tidak ada komentar:

Posting Komentar